Messi Tidak Akan Selamanya Menjadi Tulang Punggung Barcelona


Barcelona mempersiapkan diri bila tanpa Lionel Messi
Barcelona mempersiapkan diri bila tanpa Lionel Messi
Barcelona mempersiapkan diri bila tanpa Lionel Messi

Barcelona mempersiapkan diri bila tanpa Lionel Messi

Barcelona mempersiapkan diri bila tanpa Lionel Messi – Setelah meraih kembali kejayaan sejak Messi masuk tim senior pada 2004, kini sudah saatnya Barca memikirkan masa depan tim tanpa Messi. Selama 15 tahun berkarir di Barca, Messi sudah menciptakan berbagai rekor. Kapten tim nasional Argentina ini mengumpulkan 34 trofi, termasuk gelar juara La Liga Spanyol. Ini menjadikannya sebagai pemain Barca yang paling banyak memenang trofi. Menurut Marca, presiden Barca Josep Maria Bartomeu menyatakan Messi tidak akan selamanya menjadi tulang punggung Blaugrana. Meski di usianya yang 32 tahun dia masih menjadi andalan, namun Barca harus memikirkan bagaimana saat tim bakal ditinggalkan Messi.

Apalagi, pencapaian Barca mulai menunjukkan penurunan. Musim lalu, Barca hanya meraih trofi La Liga. Sedangkan mereka gagal secara menyakitkan di Liga Champions. Bagaimana tidak, Barca menang 3-0 di semifinal pertama melawan Liverpool. Namun di semifinal kedua, tim asuhan Ernesto Valverde dibantai The Reds 0-4. Di final Copa del Rey, Barca juga gagal. Mereka dikalahkan Valencia 1-2. 

“Kami wajib memikirkan bagaimana setelah berakhirnya era Messi. Kami berpikir bagaimana mencari pemain baru,” kata Bartomeu.

Barca sendiri sudah mendatangkan striker Antoine Griezmann. Sebelumnya, klub itu sudah mengumpulkan Philippe Coutinho dan Ousmane Dembele.

“Kami harus memikirkan era saat Messi akan memutuskan berhenti bermain sepak bola. Tetapi sebagai presiden saya berharap ia akan bermain lebih lama bersama kami,” ujarnya.

Barca memang berharap bisa mempertahankan Messi lebih lama lagi. Kabar terakhir, Barca sudah menyodorkan kontrak baru yang membuat Messi tetap bermain sampai dirinya berusia 36 tahun. Klausul dalam kontrak Messi memungkinkan Barca memperpanjang kontraknya saat ini dengan tambahan 12 bulan. Pada 2017, Messi telah menandatangani kontrak baru yang membuatnya mendapatkan gaji 7,3 juta poundsterling (sekitar Rp127 miliar) per bulan sebelum pajak. Ini mengantarkannya sebagai pesepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia. Hanya, Messi masih menunda menandatangani kontrak baru. Pasalnya, dia ingin melihat sejauh mana keseriusan Barca membawa kembali Neymar. dari Paris Saint-Germain.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
5
hate
confused confused
15
confused
fail fail
10
fail
fun fun
8
fun
geeky geeky
6
geeky
love love
1
love
lol lol
3
lol
omg omg
15
omg
win win
10
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *