Ernesto Valverde Akhirnya Dipecat Dari Kursi Pelatih Barca


Ernesto Valverde dilengserkan dari kursi kepelatihan Barcelona
Ernesto Valverde dilengserkan dari kursi kepelatihan Barcelona
Ernesto Valverde dilengserkan dari kursi kepelatihan Barcelona

Ernesto Valverde dilengserkan dari kursi kepelatihan Barcelona

Ernesto Valverde dilengserkan dari kursi kepelatihan Barcelona – Kegagalan di Supercopa de Espana menjadi akumulasi atas kinerja Valverde meski dirinya membawa Barca menduduki posisi puncak klasemen La Liga Spanyol. Posisinya digantikan Quique Setien yang menangani tim sampai musim 2022. Pemecatan Valverde tetap mengejutkan meski kabar itu sudah mencuat menyusul kegagalan Barca di semifinal Supercopa de Espana. Saat itu, Barca dipaksa menyerah 2-3 oleh Atletico Madrid. Tak hanya itu, memasuki paruh kedua kompetisi usai libur Natal dan tahun baru, performa Barca mengalami penurunan. Di laga pertama melawan Espanyol yang menduduki dasar klasemen, Barca hanya mampu bermain imbang 2-2.

Ini yang menjadikan Valverde berada dalam situasi krisis. Kekalahan di Supercopa de Espana menjadi pemantik. Pasalnya pencapaian Barca di bawah kekuasaan Valverde sesungguhnya tak buruk. Barca bisa memenangi trofi La Liga Spanyol dua kali berturut-turut. Mereka juga merebut Copa de Rey dan Supercopa de Espana 2018. 

Meski demikian, dia akhirnya harus menghadapi kenyataan pemecatan. Petinggi Barca dikabarkan sudah jenuh dengan penampilan tim yang tak lagi bermain ‘ala Barca’. Dia pun dilengserkan. Penggantinya, Quique Setien, sesungguhnya masih menganggur setelah terakhir kali menangani Real Betis. Sosok Setien dinilai sebagai salah satu pelatih yang tepat menangani Barca. Meski tidak berasal dari keluarga Barca, apakah sebagai pemain atau staf, namun pelatih berusia 62 ini sangat memahami filosofi klub. 

Bahkan Setien mampu menghadirkan tim yang bisa memeragakan gaya menyerang seperti Barca dengan sangat apik seperti era Pep Guardiola. Musim lalu, Betis yang ditanganinya sukses membabat tim-tim kuat, Barca, Real Madrid sampai Atletico. Namun Setien akhirnya diberhentikan Betis karena performa tim yang kemudian menurun. 

“Barcelona dan Quique Setien telah mencapai kesepakatan bahwa pihak kedua menjadi pelatih tim utama sampai 30 Juni 2022.” Demikian pernyataan resmi dari klub.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
10
hate
confused confused
3
confused
fail fail
15
fail
fun fun
13
fun
geeky geeky
11
geeky
love love
6
love
lol lol
8
lol
omg omg
3
omg
win win
15
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.