Jordi Amat dan Dua Pemain lainnya Jadi Target Naturalisasi PSSI


jordi amat

Proses naturalisasi Jordi Amat dan dua pemain lainnya oleh PSSI untuk sementara mengalami penundaan karena adanya kekurangan dokumen. Dua nama pemain asing tersebut yakni Shayne Pattynama dan Sandy Walsh.

Menurut Hasan Abdulgani sebagai anggota Komite Eksekutif (EXCO) PSSI, alasan penundaan ini karena adanya berkas yang sedang dalam proses. Pihaknya menginginkan pemberkasan dapat segera terselesaikan agar mereka segera ikut persiapan timnas menghadapi kualifikasi Piala Asia 2023.

Diketahui Piala Asia 2023 akan berlangsung di China pada 16 Juni – 16 Juli 2023 dan terdapat 24 peserta termasuk tuan rumah. Timnas berada di Grup A bersama dengan Yordania, Kuwait dan Nepal.

Jordi Amat dan dua pemain lainnya yang akan memperoleh naturalisasi ini, dipastikan memperkuat posisi bertahan dari timnas Indonesia. Timnas Indonesia nantinya akan tetap berada di bawah asuhan tangan dingin Shin Tae-Yong.

Profil Lengkap Jordi Amat dan Dua Pemain Lainnya

Jordi Amat, Pemain berusia 30 tahun ini memiliki nama lengkap Jordi Amat Maas, lahir di Spanyol pada 21 Maret 1992. Amat memiliki darah Indonesia dari neneknya kelahiran Makassar dan merupakan keturunan dari raja Kerajaan Siau.

Dia memulai karirnya dengan memperkuat tim nasional Spanyol kategori umur dan belum pernah memperkuat tim nasional manapun. Saat ini Amat tergabung dalam tim profesional asal Belgia, K.A.S. Eupen dengan posisi bek tengah.

Shayne Pattynama, pemain ini merupakan pemain bersama Jordi Amat yang akan di naturalisi PSSI. Ayahnya berdarah Maluku namun lahir di Semarang, Pattynama adalah salah satu nama marga di Maluku.

Pemain muda berbakat ini lahir di Bel, 11 Agustus 1998 dan memiliki bakat bermaik sepak bola semenjak masih belia. Shayne mengawali karirnya di akademi sepak bola SV Lelystad ’67 tahun 2004-2007.

Kemudian dia mengasah bakatnya di Akademi Ajax tahun 2007-2010 dan bergabung dengan FC Utrecht hingga 2017. Karir Shayne semakin bersinar setelah masuk tim SC Telstar hingga 2021.

Kini dia berkarir di salah satu klub profesional Viking FK sejak Maret 2021 pada liga 1 Norwegia. Walau posisinya sebagai pemain bertahan (bek) namun dia menorehkan dua gol dan lima asisst bagi Viking FK.

Sandy Walsh, Pria kelahiran Brussel, Belgia, 14 Maret 1995 memiliki darah indonesia dari ibunya yang merupakan campuran Swiss-Belanda-Indonesia. Bersama dengan Jordi Amat, Shandy akan memperkuat timnas Indonesia.

Shandy pernah memperkuat timnas Belanda berkat darah campuran dari sang ibu. Karir pria berpostur 185 cm ini dimulai saat masih belia memperkuat klub Tempo Overjise (2001-2002).

Shandy kemudian memperkuat ERC Hoeilaart (2002-2023), Anderlecht (2003-2011) dan Genk (2011-2012). Debutnya berlanjut di Genk senior (2012-2017), Zulte Waregem (2017-2020) dan saat ini tergabung dengan tim Belgia, KV Mechelen.

Dengan posisi pemain bertahan (bek), Sandy mampu mencetak tiga gol dalam 30 pertandingan yang ia geluti. Hasil torehan tersebut tidaklah buruk bagi seorang permain bertahan.

Begini Syarat Naturalisasi Calon Pemain Timnas

Federasi sepak bola dunia (FIFA) mengatur syarat naturalisasi pemain pada pasal 7 tentang akuisisi kewarganegaraan baru seperti Jordi Amat. Syarat utama seorang pemain dapat memperoleh naturalisasi yaitu tidak pernah membela timnas senior di negara lamanya.

Selain itu, pemain harus memenuhi salah satu dari 4 persyaratan di bawah ini :

1. Pemain lahir di negara berangkutan.
2. Salah satu orangtua kandung pemain lahir di negara bersangkutan.
3. Kakek atau nenek sang pemain lahir di negara tersebut.
4. Pemain telah menetap di negara tersebut selama lima tahun, terhitung sejak usia mencapai 18 tahun.

Jika Jordi Amat beserta dua pemain lain yang tidak lahir di Indonesia, begitu pula dengan orangtua dan kakek neneknya, maka mereka harus menunggu lima tahun lagi untuk memperkuat timnas Indonesia.

Baca Juga : Ricky Kambuaya Tinggalkan Persebaya Surabaya


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
13
hate
confused confused
6
confused
fail fail
1
fail
fun fun
16
fun
geeky geeky
15
geeky
love love
10
love
lol lol
11
lol
omg omg
6
omg
win win
1
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.