Nasib Liga 1, PSSI Ikut Kebijakan Pemerintah


Kelanjutan Liga 1 PSSI tunggu kebijakan pemerintah untuk kedepannya

Kelanjutan Liga 1 PSSI tunggu kebijakan pemerintah untuk kedepannya

Kelanjutan Liga 1 PSSI tunggu kebijakan pemerintah untuk kedepannya – PSSI menghentikan liga sampai 29 Mei 2020 karena pandemi Covid-19. Mengenai kelanjutannya, PSSI tetap mengacu pada kebijakan pemerintah. Kelanjutan kompetisi di Indonesia masih menjadi teka-teki. Sebagian klub tetap berharap liga dilanjutkan setelah libur atau di awal Juli 2020. Namun ada pula yang menyarankan agar kompetisi musim ini dihapuskan bila pandemi belum menunjukkan tanda-tanda berakhir. Pemerintah sesungguhnya sudah menyatakan situasi darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona. Dengan terus bertambahnya mereka yang terpapar Covid-19, pandemi itu memang belum menunjukkan penurunan.

Namun Presiden Joko Widodo sudah menyampaikan bila kita tetap harus berdamai dengan Covid-19. Dengan belum ditemukannya vaksin untuk virus itu, masyarakat pun harus membiasakan diri beraktivitas di tengah pandemi. Mungkinkah kompetisi pun bisa dilanjutkan kembali tetapi tanpa penonton seperti yang dilakukan di liga-liga Eropa? Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi belum memastikan apakah liga dilanjutkan setelah berakhirnya libur. Menurut dia PSSI tetap mengacu kepada kebijakan pemerintah tentang situasi pandemi untuk menentukan kelanjutan Liga 1 dan Liga 2. 

Ini berdasarkan keputusan rapat Komite Eksekutif PSSI pada Selasa, 12 Mei 2020 malam. Dalam keputusannya, situasi liga dalam keadaan force majeure sesuai status tanggap darurat BNPB.

“Surat keputusan Ketua Umum PSSI masih berlaku. Jadi kami masih menunggu hingga 29 Mei sesuai keputusan pemerintah. Setelah tanggal itu, kami baru bicara alternatif dan opsi-opsi mengenai kelanjutan kompetisi Liga 2020,” ujar Yunus seperti dikutip laman PSSI.

Menurut Yunus bila pemerintah memperpanjang status keadaan darurat bencana setelah tanggal 29 Mei, maka tidak menutup kemungkinan liga dihentikan. Namun bila pemerintah tidak menerapkan masa darurat, Liga 1 dan 2 bakal dilanjutkan mulai 1 Juli 2020.

“Bila pemerintah memperpanjang status darurat bencana dan PSSI memandang situasi belum cukup ideal untuk melanjutkan kompetisi, maka  Liga 1 dan 2 musim 2020 akan dihentikan. Bila status darurat tidak diperpanjang, maka liga bisa dilanjutkan” ujar Yunus.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
13
hate
confused confused
6
confused
fail fail
1
fail
fun fun
16
fun
geeky geeky
15
geeky
love love
10
love
lol lol
11
lol
omg omg
6
omg
win win
1
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *