Menpora Komentari Perekrutan Shin Tae-yong Oleh PSSI


Menpora dukung langkah PSSI tunjuk Shin Tae-yong latih Timnas
Menpora dukung langkah PSSI tunjuk Shin Tae-yong latih Timnas
Menpora dukung langkah PSSI tunjuk Shin Tae-yong latih Timnas

Menpora dukung langkah PSSI tunjuk Shin Tae-yong latih Timnas

Menpora dukung langkah PSSI tunjuk Shin Tae-yong latih Timnas – Induk sepak bola Indonesia itu saat ini telah memperkenalkan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong di Stadion Pakansari, Bogor. Menpora Zainudin Amali mendukung langkah PSSI yang telah mengontrak Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia. Menpora berharap Shin Tae-yong mampu mengembalikan kejayaan dan meningkatkan prestasi Timnas. Mengingat penunjukan Shin Tae-yong telah melalui proses dan pertimbangan. Meski tak ingin mencampuri keputusan PSSI, tetapi keputusan mengikat pelatih asal Korea Selatan itu selama tiga tahun adalah langkah yang tepat.

“Kami mendukung keputusan PSSI. Kami tidak boleh ikut campur, karena menyangkut teknis. Pemerintah hanya bisa mendukung keputusan federasi, siapapun yang ditunjuk. Dia dipilih sebagai pelatih harus membawa prestasi dan optimisme. Pelatih yang ditunjuk PSSI harus memberikan rasa optimisme bagi persepakbolaan kita.” ujar Zainuddin Amali.

Zainudin memahami, pilihan PSSI bisa jadi tak seirama dengan pilihan masyarakat pendukung sepak bola nasional. Sebab, saat Shin dan Milla memaparkan presentasi uji kelayakan, masyarakat lebih condong memilih Milla. Bukan tanpa soal, Milla dianggap memiliki warna baru dalam sepak bola nasional. Selama dua tahun menukangi Timnas U-23 Indonesia pada 2017 hingga 2018 lalu, sosok Spanyol dianggap paham kultur sepak bola Indonesia.

”(Untuk itu) Masyarakat Indonesia juga harus diberi pengertian. Jangan sampai ketika, ini seandainya lagi, ya, Shin Tae-yong jadi pelatih, dia keras terhadap pemain (karena tipe pelatih Korea Selatan itu keras) di media sosial malah diusir, karena dia orang asing, diusir, kan biasanya begitu, ‘kan? Jadi tidak boleh lagi begitu,” kata Zainudin.

Satu gelar didapatkan Shin Tae-yong di level Internasional saat melatih Timnas Korea Selatan Senior, yaitu juara EAFF E-1 Football Championship 2017. Di babak final yang dibuat dengan format round robin, Korsel tidak terkalahkan atas Jepang, Cina, dan Korea Utara. Untuk kelas timnas, Shin Tae-yong pernah melatih Timnas Korea Selatan U-23 pada 2016 hingga 2017. Dan Timnas Korea Selatan U-20. Pelatih 50 tahun itu juga pernah menangani Timnas Korea Selatan senior. Mantan pelatih Timnas Korea Selatan pernah membuat hal yang terkesan saat tampil di Piala Dunia 2018 di Rusia. Meski sempat ditaklukan oleh Swedia dan Meksiko, tetapi Korea Selatan mampu meraih kemenangan bersejarah atas Jerman 2-0 di partai terakhir.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
11
hate
confused confused
5
confused
fail fail
16
fail
fun fun
15
fun
geeky geeky
13
geeky
love love
8
love
lol lol
10
lol
omg omg
5
omg
win win
16
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.