Dibobol 5 Gol UEA, Ini Komentar Pelatih Timnas Indonesia


Timnas Indonesia dihajar Uni Emirat Arab dengan skor 5-0
Timnas Indonesia dihajar Uni Emirat Arab dengan skor 5-0
Timnas Indonesia dihajar Uni Emirat Arab dengan skor 5-0

Timnas Indonesia dihajar Uni Emirat Arab dengan skor 5-0

Timnas Indonesia dihajar Uni Emirat Arab dengan skor 5-0 – Tim nasional Indonesia kembali memetik hasil memalukan. Kali ini, Indonesia dibantai 0-5 oleh Uni Emirat Arab di laga Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Al Maktoum, Dubai, Kamis 10 Oktober 2019 malam WIB. Kegagalan tersebut, menurut pelatih timnas Simon McMenemy, tidak terlepas dari kondisi pemain yang kelelahan. Faktor fisik menjadi kendala timnas sehingga mereka tak bisa mengimbangi permainan UEA yang secara kualitas lebih baik dari Andik Vermansyah dkk. Bahkan stamina pemain sudah menjadi problem bagi pelatih Mcmenemy. Pada dua laga sebelumnya melawan Malaysia dan Thailand, mereka juga dihadapkan dengan kendala fisik sehingga tak mampu mengimbangi lawan-lawannya. Pemain timnas hanya mampu menghadapi Malaysia dan Thailand sampai menit 60-70. Selanjutnya, penampilan mereka bakal menurun karena sudah mengalami kelelahan.

“Kami tidak memiliki pemain yang 100 persen fit. Hal ini sudah menjadi kendala sejak dua laga sebelumnya,” ujar McMenemy seperti dikutip Antara.

Jadwal kompetisi yang padat menjadikan pemain mengalami kelelahan. Apalagi, mereka menempuh perjalanan yang cukup jauh dari satu pertandingan ke pertandingan berikutnya. Pasalnya tim-tim bermain di Kalimantan, Sulawesi, Bali, Jawa dan Sumatera. Bahkan mereka melakukan away ke ujung timur, yaitu Papua saat menghadapi Persipura Jayapura. Saat pemain dipanggil timnas, mereka sudah dalam kondisi kelelahan. Buntutnya saat membela tim Garuda, pemain pun tak mampu menunjukkan performa terbaik selama 90 menit pertandingan karena sedikit yang berada dalam kondisi fit.

“Ini situasi sulit yang terjadi di tiga laga beruntun. Meski demikian, saya memberi apresiasi kepada pemain yang sudah memberi segalanya saat menghadapi UEA. Tidak mudah bertanding di tempat ini,” tutur pelatih asal Skotlandia ini.

Jalan pertandingan

Di pertandingan itu, timnas sesungguhnya masih mampu memberi perlawanan sampai menjelang akhir babak pertama. Meski mendapat tekanan sepanjang pertandingan, namun pertahanan Indonesia tak bisa ditembus pemain UEA. Di laga itu, McMenemy membangkucadangkan kiper Andritany Ardhiyasa dan menurunkan Wawan Hendrawan. Gelandang naturalisasi Stefano Lilipaly juga tidak menjadi pilihan pertama.
Gawang Wawan akhirnya kebobolan di menit 41. Gol pertama tuan rumah dihasilkan Khalil Ibrahim Alhammadi. Skor itu bertahan sampai akhir babak pertama. Di babak kedua, UEA mulai berpesta gol. Pemain depan Ali Ahmed Mabkhout mencetak hat-trick yang membuat Indonesia tak berkutik. Diawali golnya di menit 51. 

Pemain Al Jazira ini menambah gol di menit 63 dari titik penalti menyusul pelanggaran kapten Hansamu Yama yang menyebtuh bola di kotak terlarang. Gol ketiga pemain berusia 29 ini tercipta di menit 72 sekaligus mengubah skor menjadi 4-0. Sedangkan Tariq Ahmed memantapkan keunggulan UEAS pada 90+3’. Gol di injury time itu menutup laga menjadi 5-0 untuk tuan rumah.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
6
hate
confused confused
16
confused
fail fail
11
fail
fun fun
10
fun
geeky geeky
8
geeky
love love
3
love
lol lol
5
lol
omg omg
16
omg
win win
11
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *