Timnas Indonesia Beradu Kekuatan Mental Dengan Rival Bebuyutan di Kualifikasi Piala Dunia 2022


Timnas Indonesia melawan Malaysia di kualifikasi Piala Dunia 2022
Timnas Indonesia melawan Malaysia di kualifikasi Piala Dunia 2022
Timnas Indonesia melawan Malaysia di kualifikasi Piala Dunia 2022

Timnas Indonesia melawan Malaysia di kualifikasi Piala Dunia 2022

Timnas Indonesia melawan Malaysia di kualifikasi Piala Dunia 2022 – Malaysia memang rival bebuyutan tim nasional Indonesia. Duel dua tim serumpun tersebut tidak hanya mempertaruhkan gengsi dan selalu bernuansa emosi tinggi. Ini yang menjadi perhatian pelatih timnas Simon McMenemy saat Indonesia melakoni laga perdana Grup G kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2022 ┬ádi Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis 5 September 2019. Seperti dikutip Antara, McMenemy tak ingin terpengaruh dengan perang urat syaraf dari Malaysia. Pelatih timnas menilai rivalitas Indonesia-Malaysia merupakan persaingan paling panas di level Asia Tenggara. McMenemy merasa perlu mengingatkan pemain agar tidak terpancing emosi atau terprovokasi saat melawan Malaysia.

Bila itu yang terjadi, tim akan hilang fokus meraih tiga poin di kandang sendiri. Padahal timnas membidik laga pertama di kandang sendjri. 

“Yang penting, timnas tampil tenang. Ini tugas sulit. Tak mudah mengontrol emosi pemain. Bisa saja pemain ditendang dan terprovokasi. Yang harus diingat adalah pemain harus bisa mengontrolnya,” kata McMenemy. 

Demi mengontrol emosi pemain, McMenemy bakal menugaskan pemain senior untuk mendampingi mereka yang lebih muda, terutama di lapangan. Dengan demikian emosi pemain dapat dikendalikan ketika mengalami masa-masa genting. Mantan pelatih Bhayangkara FC ini juga tak peduli dengan komentar pelatih Malaysia Tan Cheng Hoe menjelang pertandingan. Apalagi sampai dia menyebutkan bila Saddil Ramdani dkk lebih diunggulkan di laga panas itu.

“Jelang pertandingan saya tidak mau mendengar komentar pelatih lain. Komentar pelatih lain kadang serius, kadang tidak,” kata McMenemy.

Pada sesi latihan terakhir, pemain hanya melakukan penyempurnaan dari latihan sebelumnya. Mereka juga melatih situasi-situasi bola mati dan koordinasi permainan. 


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
1
hate
confused confused
11
confused
fail fail
6
fail
fun fun
5
fun
geeky geeky
3
geeky
love love
15
love
lol lol
16
lol
omg omg
11
omg
win win
6
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *